Gunung PRAU - Dieng Pleteu Trip 1-3 Mei 2015

Pengalaman naik gunung yang tingginya sampai 2565Mdpl gak pernah terbesit dalam pikiran gue, terus terang aja. sampai puncakpun alhamdulillah hahaha.

Sewaktu memutuskan untuk ikut ke Dieng ini sebenarnya gue agak gak percaya diri, takut, senang, sedih semua rasa jadi satu. Karena ini pertama kalinya kita pergi bareng-bareng lagi. ada rasa takut yang amat sangat dari gue, dari mimpi yang seram sampai sedih untuk ninggalin jakarta. Tapi Tuhan yme berhendak lain, alhamdulillah gue sampai rumah dengan keadaan sehat wal afiat :)

oke let's begin, di  tanggal 30 April sore gue udah izin pulang dari kantor, berpelukan dengan my Favourite dengan keadaan sedih ngeliat muka mereka, jujur saat itu gue mikir kalau gue gak bakal ketemu sama mereka lagi. setelah pamit gue pulang, pamit sama Abil yang entah kenapa berat banget ninggalin dia, sikap dia saat itu menambah ketakutan gue untuk menghadapi alam kembali, walau dengan rasa yang sedih dan takut gue melukin abil dan bilang ke dia kalau gue bakal balik di hari senin pagi :)

Sore gue berangkat bareng Egy, Chandra dan Mia, dianter papanya chandra sampai stasiun. pada keberangkatan tiket kita semua misah, beda gerbong dan beda tempat duduk, dan fyi kita lewat jalur utara yang kira2 10 Jam sampai Purwokerto fiuh bengkak kaki dan pinggang, sampai sana kita masih lewat jalan darat lagi selama 6 Jam, ke Wonosobo lalu ke Dieng. diJemput travel kita berenti dipasar untuk membeli logistik buat digunung, makan siang enak dan murah~

Look how beautiful Dieng Wonosobo
Lalu sambil menunggu yang shalat Jumat gue dan cewe2 sekalian mandi aja loh, diMasjid dan di WC umum, yang penting difoto gak lepek hahaha tetep ya kan. akhirnya sore jam 4 gue dan yang lain sampai di basecamp Tapak Benteng tempat buat kita menaiki Mt. Prau, sebelum naik kita cek ricek tas dan bawaaan kita termasuk air karena diatas sama sekali tidak ada mata air, cek kantong plastik untuk sampah dan gak lupa kita ke WC sekedar buat buang air kecil dan besar *eh* yah secara diatas bener-bener gak ada toilet --"
Setelah dikira persiapan sudah matang, berdoa dan kita mulai untuk naik ke Mt. Prau estimasi sih 3-4 Jam untuk sampai puncak, coy baru 10mnt engab banget karena sebelum Track yang panjang itu kita disiksa untuk naik berpuluh2 tangga , dan gerimis pula. Diperjalanan kali ini, gue mendapatkan suatu pelajaran, bahwa alam semesta itu tidak boleh ditentang ataupun di lawan sesungguhnya.

Gembira udah sampai atas dan berhasil Ngecamp
Akhirnya setelah 2jam kita semua jadi terpecah 3 bagian, Egy, Mia, Shinta, Andhika dan Ditha naik duluan untuk cari tempat, yang awalnya gue, winda, chandra dan Uta itu bareng jadi kepisah, gue dan Winda ninggalin Uta yang gak sanggup buat naik dan hampir give up, coy bayangin gue berdua cewe dan naik tanpa ada pengawasan, dari yang jatoh kepleset kesandung, karena kita naik pas malam hari, denger adzan  magrib dan isha di Gunung itu rasanya *merinding* kecil banget kita dimata Allah swt. Dari santai sampai pengen buru2 naik dan yasalam gak sampe-sampe, headlamp gue udah redup, gerimis dan becek banget tanah dan batu, gue denger ada yang kesurupan dan ada yang Hypo digunung ini. Ya gue ngerasa banget sih kalau gue berenti lama pasti gue bakal kena hypo, nafas udah berasap, hidungpun udah aagak gak enak, parah saat itu hampir putus asa, kabut keluar dengan cepatnya, sudah mendung dan gue takut bakal hujan saat gue ngedaki. Gue dan Winda mempercepat jalan kita, meninggalkan Uta dan Chandra dibawah, gue mikir kayanya gue harus survive sendiri nih, gak bisa mengandalkan orang lain, akhirnya dengan susah payah, capek dll gue berhasil naik berdua winda, diatas kita ditunggu sama Mia, Shinta dan Egy, alhamdulillah ya allah bisa juga, tenda udah dibuat oleh Dhika dan dita, langsung naro tas dan pake jaket karena dinginnya parah banget~

Sambil nunggu Uta dan Chandra, gue disedian mie rebus huah surga banget, pengalaman yang gak bisa di ungkapkan dengan kata-kata baru kali ini makan indomie rasanya kaya makan steak *lebay* total gue sampe sekitar 4jam , setelah makan gue ngerasaiin badan gue yang mulai gak enak, agak demam dan sakit kepala, gue izin untuk masuk ke tenda, dan pake sleepingbag didalam bareng Dita, karena gue ngerasa kalau gue gak istirahat saat itu besok gue pasti nyusahin temen-temen gue yang lain. gue denger diluar hujan, temen-temen gue heboh tapi apalah daya gue gak bisa keluar karena sakit kepala yan luar biasa, hujan saat itu anginnya keceng banget, tenda yang gue tumpangin miring-miring dan kaya mau roboh, cowo-cowo diluar hebat banget nyelametin tenda kita dari badai. btw tas gue dan isi2nya pada basah karena nahan air yang masuk ke tenda, tenda harusnya isi 2 malah diisi 4 orang kebayang deh tuh sempitnya bagaimana~ hahaha

Keadaan di pagi hari setelah hujan dan badai datang
Pagi datang, temen-teman gue udah pada masak, pas buka tenda wowwwww beneran nih tadi malam badainya luar biasa, sumpah selain agak becek ini tuh udaranya dingin parah, yang tadinya gak pake jaket gue harus pake jaket dan panel gue dan gak lupa sarung tangan, tapi agak kecewa karena saat itu kabut gak selesai-selesai gak dapet sunrise disana, huah sedih banget gak dapet pemandangan awan dan gunungnya. akhirnya jam 10 pagi kita beres-beres dan siap untuk turun, estimasi 3 Jam untuk turun, dan agak ngantri ya parah, kaya antri tiket aja distasiun.Fyi gue tuh udah kebelet pipis dari semalam , bergerak cepat gue, egy dan Shinta buat turun, jatoh bangun buat turun Mt. Prau ini guys asli, licin dan pas liat terang kanan kiri jurang *pastinya* agak bingung juga gimana cara kemarin gue naik kesini ya hahhahaa. akhirnya saking gak kuatnya , gue pipis di semak-semak belukar, yah mudah-mudahan rumput yang kena air seni gue gak mati, amien. hahaha

Batu Pandang Ratapan Angin
Dan gak kerasa banget udah ngelewatin Pos 3, Pos 2 dan warung gorengan, duduk dulu makan gorengan sama minum air putih, huah enak banget alhamdulillah sekaligus liat pemandangan yang subhanallah gak bisa dijelaskan dengan kata-kata :), ciptaan allah swt memang indah tiada tara
sepanjang perjalanan turun ada cerita lucu, egy temen gue yang kaya preman manja bukan main hahaha, yah dikarenakan udah jatoh 2x dia kaya ketakutan jadi baru jalan sedikit atau agak curam sedikit dia manja banget, gak cocok banget sama muka seremnya hahaha.

I'm feel freeeeeeee
Singkat cerita akhirnya gue, shinta dan Egy sampai dibawah sambil jajan cilok, dan fyi gue agak kebelet poop sih *ups sorry* , akhirnya gue memutuskan untuk buru-buru ke WC umum, dan yeay berhasil hahaha sambil jajan terong belanda~ murah banget 1kgnya 5rb, cabe dieng 1kg 7rb, belanja kitah, setelah asik belanja akhirnya kita ke Homestay untuk bersih-bersih, makan malam dan istirahat.
Malam itu gue pun gak sanggup dan tidur cepat setelah membersihkan diri dan setelah jalan naik tangga lagi beli manisan lupa nama tapi ingat rasa hahaha. kaki udah ngilu-ngilu dan bengkak, badan deman dan maag muncul, asli jompo banget, akhirnya setelah minum obat gue tidur, dan bangun-bangun udah pagi aja, kayanya gue pingsan hahaha

Dipagi hari kaki udah berasa sakitnya, setelah sarapan mandi air es, gellaaaaaaaa bener-bener air es, gak ada air panasnya cuyy, tapi bahagia walau capek dan sakit. setelah bersih-bersih waktunya kita mengexplore Dieng Pleuteu ini nih yang ditunggu-tunggu. Rencananya kita akan ke Kawah Sikidang
dan telaga warna tapi yang naik bukit, namanya batu pandang ratapan angin *asik gak tuh namanya*

Kawah Sikidang
Hari ini dimulai untuk jelajah ke batu Pandang Ratapan Angin, terletak diatas bukitnya telaga warna, kaki masih cenat cenut udah naik tangga aja yeee kan, tapi sumpah kerrennya minta ampun, gak nyesel walau sampe sesek nafas dan sakit kaki kesitu, setalah puas foto2 dan jelajah sekitar situ kita langsung berangkat ke Kawah sikidang, disini gue agak takjub sih, 2thn gak kesana kok jadi beda banget, udah kaya tempat wisata modern, justru gue lebih suka gak dibagusin. lebih suka alami dibanding ada jalan setapak. Setelah selesai sesi foto gak terlalu lama, kita ke komplek candi Arjuna, disini pun gue syock karena kok beda banget, candi Arjuna sedang ada renovasi kaya rumah aja, sayang banget gak bisa foto disitu. tapi yah udah alhamdulillah bisa kesana lagi. setelah puas foto2 disana gue dan yang lain bergegas ke Stasiun Purwokerto, karena tiket kepulangan kita jam 3 Sore, sebelum itu kita makan soto enak dulu disana pedes banget bikin sakit perut --"

Perjalanan ini menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan untuk gue, capek sih tapi bahagianya banyak sekali, i love travelling :)

Love,
Ay

Komplek Candi Arjuna

1. This comment has been removed by the author.

2. Wow,,,
    Gw penasaran sm benteng peninggalan mataram kuno. Ada yang punya fotonya ga yah...